Jenis Bahan Untuk Gamis

Jenis Bahan Untuk Gamis

Bila ingin mengetahui jenis bahan untuk gamis yang bagus, hal terpenting yang perlu kita pelajari adalah mengenai karakteristik kainnya. Hal ini penting untuk diutamakan karena terdapat berbagai jenis kain untuk bahan gamis yang beredar di pasaran.

Dengan mengetahui karakteristik bahan gamis, maka kita akan lebih mudah untuk menentukan baju gamis yang akan dibeli atau kain yang akan digunakan untuk membuat gamis. Sehingga kita tidak akan salah dalam memilih gamis yang bahannya cocok dengan selera kita.

Rekomendasi Jenis Bahan Untuk Gamis Yang Bagus

Jika kita bertanya mengenai, apa sih jenis bahan untuk gamis yang bagus? maka jawaban dari pertanyaan tersebut dikembalikan kepada selera masing-masing. Karena kadang-kadang ada desain gamis yang bagus tetapi bahan kainnya tidak cocok dan tidak nyaman dipakai. Atau terkadang desain dan bahan sudah sesuai tetapi tidak cocok dengan selera kita.
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai rekomendasi jenis bahan untuk gamis yang bagus ditinjau dari karakteristik kainnya.

Kain Katun

Kain Katun
Kain katun adalah jenis bahan yang terbuat dari serat alami tanaman kapas. Pada umumnya, karakteristik kain katun memiliki tekstur yang lembut, mudah dirawat dan menyerap keringat.
Jenis kain katun sangat nyaman dikenakan, karena bahan ini dibuat dari serat alami kapas sehingga ketebalannya bisa disesuaikan. Kain ini sifatnya kuat sehingga tahan lama dipakai. Kain katun memiliki berbagai macam jenis dan kualitas.
Gamis bahan katun contohnya adalah pada baju gamis pesta ataupun gamis untuk pria.

Kain Katun Toyobo

Kain Katun Toyobo
Kain katun toyobo memiliki karakteristik bahan yang adem, nyaman di kulit dan memiliki daya serap keringat cukup bagus. Bila dibandingkan dengan kain katun biasa, bahan ini lebih halus dan licin karena serat kain katun toyobo lebih rapat dan lembut.

Kain katun toyobo belakangan ini sangat digemari untuk membuat gamis karena bahan ini sangat cocok jika dijadikan bahan untuk membuat gamis dan hijab.
Terdapat dua jenis kain toyobo yang ada di pasaran, yaitu toyobo original dan fodu. Pada kain toyobo fodu memiliki karakteristik yang sama dengan original, namun lebih mengkilap jika dilihat dari kejauhan.

Kain Katun Jepang

Katun jepang adalah kain yang terbuat dari 100% serat kapas alami. Katun jepang memiliki tekstur yang sangat halus. Selain itu, katun jepang juga mempunyai daya serap yang baik dan permukaan yang jauh lebih halus daripada jenis katun lainnya. Oleh karena itu, katun jepang memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan katun lainnya.

Jenis kain katun jepang memiliki motif polos dan berbagai motif warna menarik lainnya yang cenderung awet serta tidak mudah luntur. Umumnya dipakai untuk membuat gamis, mukenah, sprei, dan lain-lain. Katun Jepang merupakan bahan kain mewah untuk gamis dengan harga yang terjangkau.

Kain Katun Paris

Kain Katun Paris mempunyai karakteristik mirip dengan kain katun jepang akan tetapi sedikit lebih tipis, sejuk saat dikenakan dan dapat menyerap keringat dengan baik. Kain katun paris memiliki harga yang lumayan mahal dipasaran bila dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Katun paris sering digunakan untuk membuat gamis syar’i, mukena, jilbab dan blus.

Kain Balotelli

Kain Balotelli
Kain Balotelli ini memiliki serat yang sangat rapat sehingga tak akan menerawang ketika dipakai. Teksturnya juga kasar dengan garis yang memanjang atau bentuknya segiempat, lemas, serta jatuh. Meski berbahan tebal, namun kain ini ringan ketika dipakai. Bahan balotelli sangat tepat digunakan untuk gamis atau abaya yang membuat pemakainya terlihat lebih elegan.

Kain balotelli memiliki banyak pilihan warna. Selain itu Kain Balotelli memiliki beberapa tingkatan kualitas, yaitu kualitas premium yang dimiliki oleh balotelli ar-raihan atau grade A+, disusul grade A, lalu grade B dengan kualitas yang paling rendah.

Kain Wollycrepe

Kain Wollycrepe
Kain Wollycrepe adalah jenis bahan crepe yang memiliki karakteristik bahan dengan tekstur lebih halus dan lembut dibanding jenis crepe lainnya. Kelebihan yang dimiliki bahan ini yaitu seratnya yang lembut dan terasa dingin, sehingga mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu bahan ini mudah dibentuk dan tidak mudah melar dikarenakan bahan stretch mekaniknya jika ditarik akan kembali seperti semula.

Kain Wollycrepe juga memiliki kerapatan yang baik sehingga menjadikan gamis yang terbuat dari bahan ini tidak menerawang saat dipakai. Bahan wollycrepe memiliki banyak pilihan warna soft dan untuk yang berwarna terang biasanya diberi lapisan tambahan furing dibagian dalamnya.

Kain Wolfis

Kain Wolfis
Kain wolfis adalah jenis bahan dengan tekstur lembut, lemas dan tanpa motif yang khas di bagian permukaan kainnya. Bahan ini terbuat dari bahan polyester yang memberikan kesan dingin dan nyaman di kulit. Kain ini mirip seperti balotelly, namun dengan tekstur yang berbeda.
Sebagian besar wanita muslimah lebih memilih gamis bahan wolfis karena memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

Kain Maxmara

Kain Maxmara
Kain Maxmara adalah jenis bahan dengan tektur yang halus dan lembut sehingga sering disebut juga dengan sutra satin. Jenis Kain Maxmara sangat mudah dibentuk, tidak mudah kusut dan tidak menerawang.
Bahan Maxmara memiliki banyak motif yang unik, sehingga kain ini banyak diminati oleh sebagian besar wanita dari berbagai generasi. Gamis bahan maxmara banyak digunakan ketika acara pesta maupun acara formal lainnya sebagai gamis pesta.

Kain Ceruti

Kain Ceruti
Kain Ceruti memiliki karakteristik bahan yang cenderung tipis, akan tetapi sangat elastis dan lembut. Tekstur kain ceruti hampir mirip dengan kain crepe yang pada permukaan kainnya terlihat seperti kulit jeruk.
Meskipun bahan ceruti ini kainnya mudah jatuh, akan tetapi bahan ini tidak mudah untuk tertiup angin. Kain ini mudah dibentuk dan apabila diterawang akan terlihat serat-serat pada bahannya.

Kain Linen

Kain Linen
Kain Linen adalah bahan yang berasal dari serat alami yaitu dari tumbuhan rami. Jenis kain linen memiliki karakteristik bahan yang agak kaku namun terasa begitu halus. Bahan linen agak kaku, sehingga bila direntangkan tidak akan menjadi melar.
Bahan Linen akan terasa sejuk saat digunakan di daerah yang suhunya panas, sedangkan di cuaca dingin akan bersifat menghangatkan. Kain linen banyak digunakan dalam pembuatan bahan gamis model tertentu, sprei atau serbet.

Kain Rayon

Kain Rayon
Kain Rayon adalah bahan yang berasal dari serat buatan yang diolah dari bahan sintetis. Serat sintetis ini ialah hasil penelitian yang dilakukan untuk memperoleh serat sutra dengan harga lebih murah. Kain Rayon memiliki karakteristik bahan dengan tekstur yang agak sedikit licin, sangat mengkilap dan jatuh.

Bahan rayon sangat adem dan mudah sekali dalam menyerap keringat sehingga kain ini begitu nyaman dipakai dalam berbagai kondisi cuaca. Kain rayon merupakan kain sintetis yang pertama kali dibuat oleh manusia.
Bahan ini memiliki kekurangan mudah kusut sehingga harus berhati-hati saat mencuci bahan tersebut dengan mesin cuci. Karena kekuatan seratnya menjadi lemah saat dalam kondisi basah.

Kain Polyester

Kain Polyester
Kain Polyester adalah jenis bahan yang terbuat dari bahan serat sintetis atau serat buatan. Karakter serat sintetis biasanya kurang baik dalam menyerap keringat, sehingga kain polyester banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga atau aktivitas di luar ruangan. Jika mengenakan pakaian dengan bahan kain polyester di suhu yang panas maka akan terasa panasnya dan jika ditempat dengan suhu dingin maka akan terasa dingin juga. Kain ini bila disentuh akan sedikit lebih keras atau kaku dan agak licin. Polyester memiliki harga yang lebih murah bila dibandingkan kain yang lainnya.

Kain Satin Velvet

Kain Satin Velvet
Kain Satin Velvet memili bahan yang mengkilap, jatuh dan tidak menerawang. Jenis bahan yang adem ini terkenal dengan kilapnya yang lembut sehingga cocok bila digunakan untuk membuat gamis syar’i agar terlihat modis dan mendapatkan kesan mewah elegan.

Kain Spandex

Kain Spandex
Kain Spandex adalah jenis bahan dengan karakteristik memiliki elestasitas yang sangat baik hampir mirip dengan karet. Karena jenis kain spandex ini memiliki 100% bahan sintetis yang memang benar-benar diciptakan untuk menggantikan bahan karet. Penggunaan kain spandex biasanya dipadukan bersamaan dengan katun atau polyester. Biasanya bahan ini digunakan untuk celana olahraga atau legging karena mempunyai sifat yang sangat lentur mengikuti lekuk tubuh sehingga nyaman dan membantu fleksibelitas dalam bergerak.

Demikianlah ulasan mengenai jenis bahan untuk gamis. Semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan, sehingga kita tidak akan salah memilih baju gamis yang banyak bermunculan model-model terbarunya baik di toko favorit kita maupun yang dijual secara online. Bila Anda membutuhkan jasa pembuatan baju gamis silahkan untuk menghubungi kami di halaman Pemesanan.
Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *