Jenis Bahan Kain Wearpack

Jenis Kain Wearpack

Ketika memilih jenis kain wearpack yang perlu diperhatikan yaitu menyesuaikan dengan peruntukan model baju safety yang akan digunakan. Hal ini sangat penting dikarenakan fungsi utama dari wearpack adalah sebagai baju pengaman dengan tingkat pengamanan yang berbeda-beda. Contohnya seperti pada baju wearpack anti api (bara), wearpack bengkel, wearpack balap, tambang dan lain sebagainya.

Bila kita memilih jenis bahan untuk membuat wearpack yang kurang tepat dengan model tertentu, maka dipastikan fungsinya sebagi baju pengaman tidak akan maksimal. Lebih parahnya jenis kain wearpack yang kita pilih, malah membahayakan orang yang memakainya karena kehilangan fungsinya. Oleh karena itu bila kita ingin membuat baju wearpack alangkah lebih baiknya jika kita mencari informasi terlebih dahulu mengenai karakteristik kain yang cocok untuk digunakan.

Jenis Kain Wearpack Dengan Karakteristik Bahannya

Baju wearpack biasanya digunakan oleh berbagai profesi khusus dengan tingkat resiko pekerjaan tinggi yang membutuhkan alat pengamanan khusus. Contohnya pada seragam wearpack pekerja tambang, pekerjaan outdoor ataupun pekerjaan lainnya dengan resiko tinggi.

Namun baju wearpack pun banyak digunakan oleh profesi yang membutuhkan kepraktisan atau efisiensi dalam melakukan pekerjaannya, seperti konstruksi, mekanik, teknisi dan pekerjaan-pekerjaan sejenisnya. Selain itu pakaian ini pun sering digunakan untuk pelatihan-pelatihan dari sekolah-sekolah, universitas maupun praktek pelatihan kerja.

Pada baju wearpack biasanya dilengkapi dengan scotchlite (reflektor cahaya), pelindung kepala, sarung tangan dan sepatu pengaman. Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai beberapa pilihan jenis kain wearpack dengan bahan yang umum dan sering digunakan beserta karakteristik kainnya.

Kain Drill

Kain Drill
Kain Drill adalah bahan kain pintal yang memiliki karakteristik serat berbentuk miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang begitu kuat. Jenis kain drill terbuat dari bahan campuran katun dan polyester, yang bila semakin tinggi kadar katunnya, maka biasanya akan semakin tinggi juga harganya. Kain drill memiliki berbagai jenis yang dibedakan menurut seratnya seperti American Drill, Japan Drill, Twist Drill dan lain sebagainya.

Kain American Drill

Kain American Drill
Kain American Drill adalah bahan yang terbuat dari bahan katun dan polyester, memiliki serat sedang dengan karakteristik permukaan kain yang lembut dan tekstur yang halus, serta dapat menyerap air dengan baik sehingga wearpack dengan bahan ini nyaman saat digunakan.

Kain Japan Drill

Kain Japan Drill
Kain Japan Drill adalah bahan yang memiliki serat besar dengan komposisi memiliki katun lebih banyak dibandingkan polyester sehingga lebih nyaman dipakai. Bahan Japan Drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain drill lainnya. Bahan ini merupakan kain yang paling populer dan direkomendasikan untuk membuat seragam wearpack lapangan.

Kain Nagata Drill

Kain Nagata Drill
Kain Nagata Drill adalah jenis bahan yang termasuk ke dalam kategori Japan Drill. Nagata Drill merupakan bahan yang paling disukai karena memiliki komposisi bahan katun yang lebih banyak sehingga lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan Kain Japan Drill lainnya yang memiliki lebih banyak kandungan polyesternya.

Kain Taipan Drill

Kain Taipan Drill
Kain Taipan Drill adalah jenis bahan yang terbuat dari campuran 70% katun dan 30% teteron. Jenis bahan ini memiliki karakteristik kain yang lentur dan tidak mudah kusut serta memiliki permukaan yang halus. Seperti jenis Kain Drill lainnya, Taipan Drill juga dapat menyerap air dengan baik sehingga nyaman untuk digunakan. Selain untuk wearpack kain taipan drill juga banyak digunakan pada baju seragam pemerintahan (PNS) dengan warna Coklat Khaki.

Kain Taipan Tropical

Kain Taipan Tropical
Kain Taipan Tropical adalah bahan yang memiliki campuran komposisi polyester dan katun, dengan perbandingan kandungan katun yang lebih besar, sehingga wearpack dengan bahan ini dingin ketika digunakan. Jenis bahan ini mempunyai serat yang sama dengan oxford dengan bahannya yang lebih halus.

Bahan taipan tropical sering digunakan untuk membuat seragam. Beberapa merek bahan Tropical diantaranya adalah Taipan Tropical, Cadillac Trop, Verlando Trop, Pasuka Trop dan sebagainya.

Kain Twill

Kain Twill
Kain Twill adalah bahan yang memiliki karakteristik permukaan kain berserat garis-garis miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Jenis Kain Twill memiliki tekstur yang hampir sama dengan Bahan Drill, namun wearpack dengan Bahan Twill agak panas bila digunakan.

Kain Kanvas

Kain Kanvas
Kain Kanvas / Canvas adalah bahan yang memiliki tekstur tebal, berat dan agak gerah ketika dikenakan. Biasanya jenis kain ini digunakan untuk membuat jaket atau wearpack lapangan pada pertambangan, mendaki gunung atau baju bela diri karena dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya.

Kain Raphael

Kain Raphael
Kain Raphael adalah bahan yang memiliki serat yang lebih besar daripada Japan Drill. Wearpack dari Bahan Raphael biasanya hanya dipakai oleh produk dengan merk tersebut.

Demikianlah pengetahuan singkat mengenai jenis kain wearpack. Semoga dapat membantu anda yang ingin membuat baju wearpack dengan berbagai macam modelnya. Untuk anda yang membutuhkan jasa pembuatan wearpack silahkan untuk mengunjungi halaman Konveksi Wearpack kami.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply